Sabtu, 26 November 2016

Pengalaman SM3T saat di penempatan.. (part3)




#Part 3 : Semester 2, di sekolah baru.

Sekitar pertengahan bulan januari 2016, kami kembali ke penempatan.  Rencananya disemstre ini kami akan menempati sekolah yang sudah lama dibangun namun tak digunakan lagi, butuh waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke sekolah baru, mulai dari berjalan kaki ke dermaga, menaiki longboat ke kampung sebelah hingga berjalan kaki lagi sekitar sekilo meter lebih ke lokasi sekolah.
 ini dia sekolah kami..

salah satu yang paling saya senangi di daerah penempatan kami, sunset yang cuantikk

padang agofa yang membentang luas...


kolam penampungan air, struktur tanah disini bagus buat tampung air hujan loh, jadi nampak kayak kolam gitu

perumahan guru yang kami tinggali



Kami mulai sibuk membenahi ruangan kelas dan menata ini dan itu.saat itu pula beberapa gedung seperti perumahan guru baru saja dibangun. Alhamdulillah, lokasi sekolah kami pun mulai dilengkapi dengan gedung laboratorium ipa, ruang kantor guru dan 2 unit perumahan guru tak lupa pula 1 unit wc untuk para siswa. Akhir bulan januari kami memulai hidup baru (ceille, seperti pengantin baru. Hihihih) kami mulai pindah di kampung sebelah. Dan proses pembelajaran mulai dilaksanakan di kelas2 baru yang pastinya menggunakan meja, kursi cukup memadailah.

Smeseter 2 banyak aktifitas disekolah, mulai pelatihan guru2, persiapan siswa ikut olimpiade, dan kami mendapatkan bantuan guru dari pihak BP LNG kerjasama dengan uncen. Yah hiburan terbaik kami di kampung ini adalah padang2 yang bergoyang dan jalan poros menuju onar, kampung sebelah red. Awalnya ada lapangan di dekat sekolah yang tak pernah terpakai, tapi karena inisiatif temankupun akhirya tiap sore lapangan itu rame dengan warga serta anak2 kampung yang bermain bola hingga magrib menjelang. 

gambar di atas diambil saat siswa ujian sekolah


Aktifitas kami pun kalau sehabis pulang sekolah makan dan istirahat setelahnya. Jika agak sutuk, sore hari biasanya kami berjalan kaki kea rah dermaga untuk mencari ikan ataupun jajan…


suasana ketika para siswa balik ke sekolah untuk kerja bakti



saat kami ikut serta pada hari pendidikan, 2 mei 2016



Hingga akhirnya UN, UAS kami telah lewati dan tiba saatnya siap-siap untuk menetap ke kota higga penarikan resmi dari pihak lptk.

indahnya langit papua



pantai Onar, yang ada di kampung sebelah tempat tinggal kami

Malam sebelum pulang ke kota, siswa kami membuat acara bakar-bakar ayam di rumah, walaupun angin kencang dan hujan deras menerpa. Ada satu yang agak menyentuh hatiku. Saat diberikan bungkusan kecil dari siswa kelas X. Yang ternyata isinya adalah noken mini, noken itu task has papua yang dibuat dari rumput keras sejenis alang-alang. Dan besok harinya sebelum berangkat ke kota, siswa kami menggantarkan kami hingga ke pelabuhan.

 saat porseni semster genap + perpisahan dengan guru sm3t



Tidak ada komentar:

Posting Komentar